Beranda | Artikel
Orang Yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan
Sabtu, 3 April 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Orang Yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Sifat Puasa Nabi. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 17 Sya’ban 1442 H / 31 Maret 2021 M.

Kajian Islam Tentang Orang Yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa Ramadhan

Penulis mengatakan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala menginginkan untuk kalian kemudahan dan tidak menginginkan untuk kalian kesulitan. Maksud dari bab ini adalah penulis ingin menyebutkan orang-orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Yaitu:

Akan tetapi dimungkinkan untuk membatasi hal itu dengan orang yang tidak mempunyai kesulitan ketika mengqadha’ dan menunaikan ibadah puasa, agar keringanan tersebut tidak menjadi bumerang bagi dia.

Hal ini telah dijelaskan dengan penjelasan yang tidak ada keraguan di dalamnya, diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: “Para sahabat Nabi berpendapat bahwa barangsiapa yang mendapati kekuatan untuk berpuasa, maka baik baginya berpuasa, dan barangsiapa yang mendapati kelemahan lalu dia tidak berpuasa, maka baik baginya untuk tidak berpuasa saat safar.” (HR Tirmidzi, Al-Baghawi)

Ini berarti kembali kepada individu masing-masing.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50028-orang-yang-diperbolehkan-tidak-berpuasa-ramadhan/